Mana yang lebih pintar, anjing apa kucing? Kalau mitos yang beredar sih, anjing lebih cerdas dari kucing. Sejumlah film dan buku juga lebih banyak menghadirkan tokoh anjing sebagai hewan peliharaan istimewa. Bagaimana kalau dari sisi sains?

Ilmuwan mengadakan rangkaian eksprsimen. Kucing-kucing dihadapkan pada benang dengan umpan di ujungnya, ada juga yang tidak berumpan. Kucing-kucing tidak mampu mengenali mana benang yang dikaitkan dengan umpan. Sedangkan anjing-anjing mudah mengenali dan mampu melacak umpan itu.

Sebab Akibat

“Kucing tak memahami koneksi sebab akibat di antara objek,” jelas peneliti. Mungkin itu bisa menjelaskan mengapa kucing akan tetap terus menggelendot dan mencakari tuannya walau sang tuan sudah memberitahu mereka tak suka dibegitukan. Dengakan anjing, jika diberitahu agar menghentikan aksinya, mereka segera paham.
Studi pada tahun 2007 membuktikan bahwa anjing mampu menggunakan komputer layar sentuh secara akurat untuk mengelompokkan warna foto dengan mengenali mana foto anjing dan bukan.

Diterjemahkan secara bebas dari Livescience.com
foto:kecute.files.wordpress.com




0 komentar:

About